Pages

Sabtu, 22 Januari 2011

Mengganti Font E63 Dengan Font Lain

Font default E63 memang terasa sangat miskin, baik dukungan terhadap bahasa/karakter maupun terhadap simbol. Sehingga seringkali kita mengalami kesulitan ketika menggunakan aplikasi – aplikasi tertentu (Python misalnya) atau melakukan modifikasi. Apalagi yang suka chatting, pasti sering bingung saat chatter lain menggunakan karakter atau simbol yang tidak didukung font bawaan ponsel :-) . Untuk mengatasi permasalahan ini, jalan terbaik adalah mengganti font default dengan font yang mendukung multibahasa dan ribuan simbol.


Enam jenis font – yang bisa didownload – di bawah ini adalah fontan multibahasa atau multikarakter dan juga mendukung banyak simbol.
1. YaHeiHandelGotD
2. ComicUni
3. ComicUni Bold version
4. Klavika5UNI
5. Mix_SonyCD
6. AlgeriusCapsUni
Untuk menerapkan font – font ini di E63 gunakan FontRouter.LT (unsigned) dan GUI-nya, FontRouterMan. Sebab ada diantara font di atas yang ketika dipasang posisinya tidak pas dengan layar(dengan pengaturan default dari FontRouter).
Bagi E63 yang masih bermerek alias belum/tidak dihack, sign dulu FontRouter.LT-nya sebelum instalasi. Dan kalau ada pesan error ‘Sertifikat kadaluarsa’ saat memasang FontRouterMan, manipulasi saja dengan cara memundurkan tanggal ponsel ke setahun sebelumnya.
Sedikit menyinggung tentang cara penerapan atau pemasangan font dengan FontRouter, karena mungkin ada yang belum tahu.
Setelah FontRouter.LT dan FontRouterMan diinstalasi, letakkan font yang akan digunakan di E:\Data\Fonts. Buka FontRouterMan klik Options > Open font, arahkan ke tempat kita meletakkan font tadi lalu klik file font-nya. Selanjutnya Enable-kan FontRouterMan. Sampai disini kita bisa langsung merestart ponsel. Pengaturan atau adjustment lainnya, sebaiknya kita lakukan setelah merestart ponsel, yakni setelah kita melihat hasilnya dulu.
Seperti yang saya singgung di atas, ada beberapa font yang harus diatur letaknya karena terlampau turun sehingga hanya sebagian jasadnya saja yang tampak di layar. Pengaturan posisi turun naik font ini dapat di set di ruas Y adjust. Satu lagi pengaturan yang harus diperhatikan yaitu jarak antar huruf. Sebab diantaranya ada yang jaraknya terlalu jauh sehingga tulisan jadi melebar. Pengaturan gap huruf ini ada di ruas CharGapAdj. Sementara pengaturan lain seperti ukuran (besar kecilnya) huruf sesuaikan dengan selera masing – masing.
Karena mereka (baca : 6 font di atas) mendukung multibahasa/karakter (termasuk karakter huruf China) maka jadikan saja font ini sebagai font default. Dengan kata lain, kita tidak perlu lagi mengkombinasikannya dengan font pabrikan karena semuanya sudah diakomodir dengan baik oleh font – font ini.
Link alternatif untuk mendownload FontRouterLT + FontRouterMan FP1 dalam satu arsip.

0 komentar:

Posting Komentar